Laman

Jumat, 14 Oktober 2016

FALSAFAH ILMU PENGETAHUAN



Definisi Falsafah.
Falsafah adalah berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tak terikat tradisi, dogma atau agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalan (Harun Nasution).

Harold H. Titus (1979 ) menjelaskan 3 definisi tentang filsafat yaitu :
(1)                           Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.
(2)                           Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi.
(3)                           Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan.
(4)                           Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ).
(5)                           Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.
Menurut Ngatimin (1990), pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai. (NS. Amadi) Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah). Ilmu pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yg diketahui berkenaan dengan hal mata pelajaran. (KBBI)

Falsafah ilmu pengetahuan adalah kebebasan berfikir dalam hal apapun akan tetapi berfikir yang sesuai dengan tata tertib yang ada tanpa ada keterikatan tradisi, dogma atau agama sehingga segala sesuatu yang diketahui dapat menemukan suatu dasar dari suatu persoalan yang ada. Tujuan filsafat ialah mengumpulkan pengetahuan manusia sebanyak mungkin dan menerbitkan serta mengatur semua itu dalam bentuk sistematik. Dengan demikian filsafat memerlukan analisa secara hati-hati terhadap penalaran-penalaran sudut pandangan yang menjadi dasar suatu tindakan.

Ada beberapa ruang lingkup filsafat ilmu pengetahuan sebagai bidang ilmu yang diarahkan pada komponen komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu.
a.      Ontologi ilmu
b.      Epistomologi ilmu
c.       Akslologi ilmu 

Ciri ciri filsafat :
a)      Sangat umum dan universal
b)      Tidak factual
c)      Bersangkutan dengan nilai

Pendekatan dalam teori pendidikan ilmu pengetahuan
1.      Pendekatan sain
2.      Pendekatan filosofi
3.      Implikasi bagi pendidikan guru dan tenaga kependidikan

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar