Nama : Eka
Julianto Bhayangkara
NPM :
33414423
Kelas : 1ID11
Tugas IBD #1
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Secara sederhana Ilmu
Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk
mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan
di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari
istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities
itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia,
berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang
akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan
demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu
nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya
manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities
disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu
sendiri. Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan
budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.
Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan
dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural
science )
Ilmu ilmu alamiah
bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan
hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis
untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan.
Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 %
salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,
fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.
2. Ilmu-ilmu Sosial ( social
science )
Ilmu-ilmu sosial
bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan
antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman
dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hash penelitiannya tidak mungkin 100 % benar,
hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar
manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok
ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi,
psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.
3. Pengetahuan budaya ( the
humanities )
Pengetahuan budaya
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat
manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan
peristiwa-peristiwa dan pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi
arti. Peristiwa-peristiwa dan pemyatan-pemyataan itu pada umumnya terdapat
dalam tulisan-tulisan., Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode
ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.
Pengetahuan budaya ( The Humanities )
dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup kcahlian (disiplin) scni dan
filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang
kcahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll. Sedang Ilmu
Budaya Dasat ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain
Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai
bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan
dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasar
berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris
disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris
disebut dengan istilah the humanities. pengetahuan budaya mengkaji masalah
nilai-nilai manusia sebagai mahluk betbudaya ( homo humanus ), sedangkan Ilmu
budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar
dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan budaya.
Sumber : abdirahmadi.blogspot.com
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu Budaya Dasar (IBD) tidak
lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah
manusia dan kebudayaan, Dengan demikian jelas bahwa mata kuliah ini tidak
dimaksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu bidang keahlian
(disiplin) yang termasuk. dalam pengetahuan budaya, akan tetapi Ilmu Budaya
Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa
dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap
nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya,
maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Dan bahwa dalam masyarakat yang
berkabung semakin Cepat dan rumit ini, mahasiswa harus mengalami pergeseran
nilai-nilai yang , mungkin sekali dapat membuatnya masa bodoh atau putus asa,
suatu sikap yang tidak selayaknya dimiliki oleh seorang terpelajar. Bagaimana pun
juga, mahasiswa adalah orang-orang muda yang sedang mempelajari cara memberikan
tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan
masyarakat sekitarnya. Sudah barang tentu ia perlu dibimbing untuk menemukan
cara terbaik yang sesuai dengan dirinya sendiri tanpa harus mengorbankan
masyarakat dan alam sekitarnya. Secara tidak langsung Budaya Dasar akan
membantu mereka untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Berpijak dari hal di atas,
tujuan matakuliah Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan
wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap,
persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih
halus. Untuk bidang menjangkau tujuan tersebut di atas, diharapkan Ilmu Budaya
Dasar dapat:
A. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa
terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri
dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
B. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk dapat
memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembangkan
daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
C. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon
pemimpin bangsa dan negara, serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing,
tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin yang ketat.
Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat dan condong membuat
manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha
menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi nilai-nilai dan masalah dalam
masyarakat lingkungan mereka khususnya dan masalah seria nilai-nilai umumnya
tanpa terlalu terikat oleh disiplin mereka.
D. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi,
agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal
yang sama, para akademisi diharapkan dapat lebih lancar berkomunikasi. Kalau
cara berkomunikasi ini selanjutnya akan lebih memperlancar pelaksanaan
pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun spesialisasi sangat
penting, spesialisasi yang terlalu sempit akan membuat dunia seorang
mahasiswa/sarjana menjadi terlalu sempit. Masyarakat yang percaya pada
pentingnya modernisasi tidak akan dapat memanfaatkan secara penuh
sarjana-sarjana demikian, sebab proses modernisasi mcmerlukan orang yang berpandangan
luas.
Secara umum tujuan IBD adalah
Pembentukan dan pengembangan keperibadian serta perluasan wawasan perhatian,
pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam
lingkungan, khususnya gejala-gejala berkenaan dengan kebudayaan dan
kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan
lingkungan budaya dapat diperluas. Jika diperinci, maka tujuan pengajaran llmu
Budaya Dasar itu adalah:
1.
Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya,
scrta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
2.
Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih
mudah menyesuaikan diri.
3.
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam
masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada
masyarakat.
4.
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
5.
Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup luas tentang
kebudayaan Indonesia.
6.
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
7.
Mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif.
8.
Tidak terjerumus kepada sifat kedaarahan dan pengkotakan disiplin
ilmu.
9.
Menambahkan kemampuan mahasiswa untuk mcnanggapi masalah
nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh
disiplin mereka.
10.
Mempunyai kesamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak mengenai
masalah kemanusiaan dan kebudayaan.
11.
Terjalin interaksi antara cendekiawan yang berbeda keahlian agar
lebih positif dan komunikatif.
12.
Menjembatani para sarjana yang berbeda keahliannya dalam
bertugas menghadapi masalah kemanusiaan dan budaya.
13.
Memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang
ditangani oleh berbagai cendekiawan.
14.
Agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
15.
Agar mampu memenuhi tuntutan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,
khususnya dharma pendidikan.
Dari kerangka tujuan yang
telah dikemukakan tersebut diatas, dua masalah pokok biasa dipakai sebagai
bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian matakuliah Ilmu Budaya
Dasar (IBD). Kedua masalah pokok tersebut ialah :
A. Berbagai aspek kehidupan
yang seluruhnya mcrupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapal
didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari
segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara
gabungan (anlar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
B. Hakekat manusia yang satu
atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing zaman.
Sumber :
AnwarAbdi.wordpress.com
RUANG
LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Berdasarkan
dari definisi mengenai IBD yang telah dijalaskan dalam bagian sebelumnya,
terdapat beberapa aspek yang terkandung di dalamnya. Aspek-aspek tersebut
adalah :
- Aspek
kehidupan yang intinya menangani dan mengungkapkan masalah kemanusiaan dan
kebudayan dengan pendekatan pengetahuan budaya (The Humanities), dari berbagai
macam segi disiplin ilmu kebudayaan atau keahlian maupun ilmu-ilmu gabungan.
-
Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan- perbedaan
antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk
akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial
budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi
seperti: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan
mereka.
Melihat
dari kedua masalah diatas, keduanya merupakan inti masalah pokok yang dibahas
dalam mata kuliah IBD. Pengkajian manusia menjadi objek utama dalam mata kuliah
ini. Bagaimana hubungan manusia dengan
alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai moral dan bagaimana
pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya
Dasar.
Pokok
bahasan yang akan dikembangkan adalah :
- Manusia dan cinta kasih
- Manusia dan keindahan
- Manusia dan penderitaan
- Manusia dan keadilan
- Manusia dan pandangan hidup
- Manusia dan tanggung jawab serta
pengabdian
- Manusia dan kegelisahan
- Manusia dan harapan.
Kedelapan
pokok bahasan itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan
budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra,
tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya. Masing-masing pokok
bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya
secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut. Pokok
bahasan manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan
karya seni sastra, atau filsafat atau seni tari dan sebaginya. Disamping itu
pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan
gabungan karya seni sastra, karya seni tari, atau filsafat dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Pengertian Ilmu Budaya Dasar : Sumber abdirahmadi.blogspot.com
Tujuan Ilmu Budaya Dasar : Sumber AnwarAbdi.wordpress.com
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar : Sumber Masterbonbon.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar