Nama : Eka julianto bhayangkara
NPM : 33414423
Keindahan
Pengertian menurut keindahan Liang
Gie dlam bukunya Garis besar estetik (filsafat keindaha) dalam bahasa
inggris yaitu beautiful.
Menurut cakupan orang-orang membedakana
antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benuk
tertentu yang indah.
Keindahan dibedakan dari bebrapa
pengertian, adalah sebagai berikut.
Ø Keindahan dalam arti luas
Ø Keindahan dalam estetis murni
Ø Keindahan dalam terbatas dalam hubungannya dengan
penglihatan
1.
Keindahan dalam
arti luas mengandung pengertian ide-ide kebaikan misalnya menurut Plato,
keindahan adalah watak yang indah dan hukum yang indah
Menurut Aristoteles keindahan adalah sebagai sesuatu yang
baik juga menyenanngkan.
Menurut Plotinus mengatakan, keindahan itu tentang ilmu
yang indah dan kebajikan yang indah
Menurut orang Yunani keindahan itu, pikiran yang indah
dan adat kebiasaan yang indah. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya adalah sebagai
berikut:
a.
Keindahan Seni
b.
Keindahan Alam
c.
Keindahan Moral
d.
Keindahan
Intelektual
2.
keindahan dalam
arti estetik murni menyangkut pengalaman estentik seseorang dalam hubungannya
dengan segala sesuatu yang di serapnya.
3.
Keindahan dalam
arti yangf terbatas mempunyai arti yang lebih di sempitkan sehingga hanya
menyagkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan yakni berupa
keindahan bentuk dan warna.
Jadi keindahan pada dasarnya adalah
sejumlah kualitas pkk tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang
paling sering bdisebut adalah kesatuan. Filosofi seni mengatakan keindahan itu sebgai kesatuan
hubungan yang terdapat antara pencerapa-pencerapan indra kita. Keindahan
identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah
keindahan. Kedua-duanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi yaitu mempunyai
daya tarik yang selalu bertambah, yang tidak mendukung kebenaran berarti tidak indah.
Keindahan juga bersifat universal . artinya tidak terikat oleh seera
perorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.
Renungan
Renungan berasal dari kata renung. Merenung artinya dengan diam-diam
memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu secara mendalam. Renunagn adalah
hasil merenung. Orang yang merenungkan setiap kegiatannya/segenap
pengetahuannya yang dia miliki dapat disebut berfilsafat. Tetapi tidak semua
orang mampu berpikir kekilsafan. Dimana kekilsafan mendasarkan diri pada
penalaran. Penalarab adalah prosesd berpikir yang logis dan analitis. Berpikir
merupakan kegiatan kegiatan untuk menyusun pengetahuan yang benar. Sedang
analisis adalah kegiatan. Berpikir berdasarkan langkah-langkah tertentu
sehingga pengetahuan yang kita peroleh disebut pengetahuan-pengetahuan tidak
langsung.
Setiap pernah orang
merenung. Sudah tentu kadar renungannya satu sama lain berbed, meski objek yang
direnungkan itu tergantung kepada obyek dan subyek
Ada 3 macam pemikiran kefilsafatan
adalah sebagai berikut:
1. menyeluruh,
artinya pemikiran yang luas bukan hanya ditinjau sudut pandangan tertentu. Tetapi ingin
mengetahui ilmu yang satu dengan ilmu yang lain.
Contoh dengan
moral dan seni dan tujuan hidup
2. mendasar,
artinya pemikiran yang dalam sampai kepada hasil yang fundamental.(keluar
gejala) sehingga dapat dujadikan dasar
berpijak bagi segenap bidang keilmuan.
3. spekulatif
artinya hasil pemikiran yang dapat dijadikan dasar untuk pemikiran-pemikiran
selanjutnya. Hasil pemikiran selalu dimaksudkan sebagai dasar untuk menjelajah
wilayah pengetahuan yang baru.
Metafisika
adalah cabang filsafat yang paling umum, mendasar dan kritik spekulatif.
Renungan atau
pemikiranyang dibahas dalam modul ini adalah yang berhubungan dengan keindahan.
Tanpa direnungkan hasil seni tidak mencapai keindahan
Renungan
atau pemikiran berhubungan dengan
keindahan didasarkan atas 3 macam teri yaitu:
1. teori
metafisika, plato mendalilkan adanya dunia ide para taraf yang tertinggi,
sebagai realita illahi itu.
2. teri
pengungkapan, dam teori ini dikatakan oleh Benedelto Croce. Bahwa seni adalah
pengungkapan kesan-kesan yang dimiliki seserang
3. teori
psikolgis, dinyatakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan
bawah sadar dari serang seniman.
Dalam proses jiwa seniman pada waktu merenung dalam rangka menciptakan
seni,menurut ke ats menyatakan bahwa, untuk mengatasai rasa ragu-ragu atau
takut yang meledakkan imajinasi, dan imajinasi ini membentuk keindahan.
Konsep
keindahan adalah abstrak, konsep itu baru dapat berkbmunikasisetelah diberi bentuk.
Contoh Geserng
bermain di Bengawan Solo, setelah bermain ia merenung, dan dia pun menemukan
konsep keindahan, tetapi konsep keindahan belum berkomunikasi, setelah diberi
benrtuk barulah berkomunikasi, yaitu lagu-lagu “Bengawan Solo”.
Makna
Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi.
Serasi dari kata dasar rasi artinya cock, sesuai atau kena benar. Kata cock ,
sesuai atau kena mengandun insur pengertian perpaduan, pertentangan, ukuran , dan seimbangan.
Contohnya orang berpakaian antar kulit dan warna yang
dipakai cocok.
Dalama memadu rumah dan halaman, rumah
yang bagus, dengabn halaman yang luas dan tersusun rapi dengan bunga-bunga yang
indah-indah, orang akan memuji keserasian itu, tetapi sebaliknya, rumah yang
bagus, yang tidak mempunyai halaman tentu orang akan mengatakan “sayang” jadi
dalam memadu rumah dan halaman ada unsur ukuran-ukuran yang seimbang.
Dalam berpakain sangat diutamakan
keserasian warna dan bentuk serta potongasn tubuh,. Ada pria dan ada wanita
yang dapat kita kagumi karena kecantikan /ketampanan pria /waniata yang se4dang
duduk, setiap orang yan g melihatnya terheran-heran melihat wajahnya hampir
semua mata memandang kearah wanita atau pria yang dikagumi itu. Tetapi setelah
berdiri, semua orang mengeluh “sayang”, tinggi orang itu tidak sesuai dengan
harapan kita, ternyata terlalu pendek, hal seperti ini juga menyatakan ukuran,.
Karena itu dalam hal keindahan,
sebagian besar ahli pikir, menjelaskan bahwa keindahan pada dasarnya adalah
sejumlah kualita/pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang
paling sering disebut adalah kesatuan, keselarasan, keseimbanagn dan
pertentangan.
Keserasian identik dengan keindahan .
sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah
dilihat. Karena itu, sebagian ahli pikir berpendapat bahwa keindahan adalah
sejumlah kualitas pokok tertentu yang terdapat [pada suatu hal.
Dalam keserlarasan itu seseorang
memiliki perasaan seimbang dan tenang, dan juga mempunyai cita rasa akan
sesuatu yang berakhir dan merasa hidup sesaat ditengah-tengah, kesempurnaan
yang menyenangkan hati dan ingin memperpanjangnya.
Keindahan sangat erat hubungannya
dengan keserasian keindahan itu juga ada hubungan erat dengan seni. Seni ini
tidak hanya terdapat dalam keindahan, seni juga ada diahas dimatematika.
Menurut mahzab Phytagoras yang
menciptakan teori pro[porsi iru mengemukakan bahwa nada-nada yang dikeluarkan
oleh seutas sinar tergantung dari panjang-pendeknya sinar.
Dalam seni ada 6 azas
1.
kesatuan total
2.
tema
3.
tema variasi
4.
keseimbangan
5.
perkembangan
6.
tata jenjang
matematika mempunyai peran penting dalam seni, terutama
dalam cabang seni bangunan, seni lukis, dan seni musik.
Keserasian tidak ada hubungannya dengan
kemewahan. Sebab keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan ukuran
atau keserasian merupakan pertentangfan antara nada-nada tinggi rendah , keras
lembut, dan panjang pendek. Kadang-kadang kemewahan menunkang keserasian tetapi
tidak selalu.
Sumber :
http://ilmubudayadasar-wanda.blogspot.com/2011/12/manusia-dan-keindahan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar